Tuesday 1 January 2013

Ma, Aku Pulang*(ALBDSM)(Wadah)(Terbit)



Ma, aku pulang. mentari masih tinggi sedikit
lihatlah aku masih bisa berdiri segak
gempal dan masih berkumis dan berjanggut
hanya perut gendut sedikit seperti pak Dogol.

Ma, aku anak pernah kau bawa ke sana ke mari
ketika ada kejahatan dan guntur dan petir
kau kandung aku dalam kainmu dan
merelakan tubuhmu dibelasah dan disakiti.

Ma, Allah telah menurunkan tangan-Nya
dan menghadiahkanmu di rumah ini
aku ingin mendengarmu tentang
pemuda Karuhai, anak yang taat itu.

Ma, aku mulai melihatmu jalan berbongkok
gigimu jarang tapi masakanmu selalu
membuka selera musafir, anak yang pulang
dan menanggalkan kasut ini sebentar.

Ma, mari kita adun mimpi bersama, jalan ke
anak bukit dan pohon getah, paya dan
pohon bambangan. Pohon bambu masih
mengirim rindu pada desir angin yang lewat.

Ma, mereka bilang kau warga emas
memang kau nilam gemala di sukma
sekalipun wajahmu terkandung usia
tapi hitam dahimu kerana lama bersujud.

Ma, aku menulis puisi. Ada huruf dan kata-kata
bersayap terbang jauh sampai ke alam kasyaf
ada Gazel, pandai menari, menerjang udara
dan ada sepasang kasut yang taat.

Ma, dari dulu kau pendengar yang baik
tapi ngomelmu selalu menjadikan aku
Karuhai yang kecil. Kerana telah ada,
akan kubawa kau ke tanah kebaikan.

Ma, lama kita tak melihat rumah lama
di daerah selatan. Barangkali tiangnya
digenangi air, atapnya telah bocor dan
dindingnya dimakan anai-anai.

Ma, ketika banjir turun sungai Mesapol
melimpah sampai jauh ke paya dan
desa di kampung lama. Bagaimana
nasib saudaraku di PantaiTimur?

Ma, aku telah pulang disampingmu
ini anakmu dulu, cuma aku
pulang bukan sebagai si tenggang
yang ada sekujur tubuh dan sukma.

Ma, kekuatan dan pengorbanan
telah menyatu dalam ketulusan dan
nizam. Dan di tanahmu telah disiapkan
pelabuhan, aku membawamu ke bintang kejora.

Kota Kinabalu
2 Januari 2013


*Antologi Puisi, 'Lirik Bulan Di Sukma Malam', Sabahuddin Senin dan Kamaria Buang, Borneo Top Publishing House, 2013
*Diteribitkan oleh Majalah Wadah, DBP Sabah, March 2013
* Dikirim kepada Antologi Puisi Kembara Gapena terbuka kepada semua.

No comments:

Post a Comment