Monday 20 May 2013

Aku Telah Kembali Kepadamu*(ALBDSM)

Aku telah kembali kepadamu
sekalipun terasa asing di
tanah pribumi.

Kau masih menaruh impian
memetik bunga-bunga
kembang malam di langit
dan menabur benih di bumi sukma.

Tiap kata yang manis
menghapuskan dendam
yang berselimut.

Aku masih mengenalmu
di lorong-lorong kota
pantai dan kepulauanmu.
Teluk dan lembahmu
banjaran dan gunungmu
sungai dan suara dari rimba
meskipun pun kau tak
mengenalku.

Di kejauhan malam
laut ini penuh dengan  rahsia
dan legenda.
Aku mendengar pukulan gong
dan ketika kupejam mata
kau datang
dalam gerak-gerak Berunsai
dan tarian helang, Sumazau.

Aku telah kembali kepadamu
bukan sebagai nahkoda yang
kehilangan orbit. Tapi, anak pribumi
dibesarkan dalam hawa
khatulistiwa.

Kota Kinabalu
22 Mei 2013

*Antologi Puisi, 'Lirik Bulan Di Sukma Malam', Sabahuddin Senin dan Kamaria Buang, Borneo Top Publishing House, 2013
*Antologi Kemerdekaa







No comments:

Post a Comment